Anda ingin dapat tutorial tentang komputer, klik disini atau anda ingin juga mendapat berita terbaru ataupun trik tentang komputer, anda bisa klik disini.

15/01/09

Register Prosesor

Daftar prosesor, arsitektur komputer, adalah sejumlah kecil memori komputer yang bekerja dengan kecepatan sangat tinggi yang digunakan untuk melakukan pelaksanaan program-program komputer dengan menyediakan akses cepat ke nilai-nilai yang umum digunakan. Secara umum, nilai-nilai yang umum digunakan adalah nilai-nilai yang dijalankan dalam waktu tertentu.

Register prosesor berdiri pada tingkat tertinggi dalam hierarki memori: ini berarti bahwa kecepatan adalah yang paling cepat, kapasitas yang paling kecil dan harga dari masing-masing adalah yang paling tinggi bitnya. Daftar ini juga digunakan sebagai yang paling cepat dalam sistem komputer untuk melakukan manipulasi data. Register umumnya diukur dengan sedikit yang dapat ditampung olehnya, seperti "register 8-bit", "register 16-bit", "register 32-bit", atau "register 64-bit" dan lain-lain.

Istilah dapat mendaftar saat ini merujuk kepada kumpulan register yang dapat diindeks secara langsung untuk melakukan input / output dari sebuah instruksi yang didefinisikan oleh set instruksi. untuk istilah ini, digunakanlah kata "Register Arsitektur". Misalnya menetapkan instruksi Intel x86 mendefinisikan sekumpulan delapan mendaftarkan buah dengan ukuran 32-bit, tapi CPU adalah instruksi x86 menetapkan mungkin berisi lebih dari delapan register 32-bit.

Daftar dibagi menjadi beberapa kelas:

* Daftar data yang digunakan untuk menyimpan nomor dalam integer (integer).
* Daftar alamat, yang digunakan untuk menyimpan alamat memori dan juga untuk mengakses memori.
* Lain-lain tujuan pendaftaran, yang dapat digunakan untuk menyimpan nomor dan alamat dari semua sekaligus.
* Daftar floating-point, yang digunakan untuk menyimpan nomor float point numbers (floating point).
* Daftar konstan (constant register), yang digunakan untuk menyimpan angka-angka tetap yang hanya dapat dibaca (read-only), seperti phi, null, true, false dan lainnya.
* Daftar vektor, yang digunakan untuk menyimpan hasil pemrosesan vektor yang dilakukan oleh prosesor SIMD.
* Khusus mendaftarkan tujuan yang dapat digunakan untuk menyimpan data internal prosesor, serta instruksi pointer, stack pointer, dan status register.
* Daftar untuk model tertentu mesin (komputer khusus register), khususnya di beberapa arsitektur, digunakan untuk menyimpan data atau pengaturan yang berkaitan dengan prosesor itu sendiri. Karena arti dari setiap register langsung dimasukkan ke dalam desain prosesor tertentu saja, jenis ini tidak dapat mendaftar menjadi standar antara generasi prosesor.

Tabel berikut berisi ukuran register dan prosesornya
Register prosesor
4-bit Intel 4004
8-bit Intel 8080
16-bit Intel 8086, Intel 8088, Intel 80286
32-bit Intel 80386DX, Intel 80486, Intel Pentium, Intel Pentium Pro, Intel Pentium II, Intel Pentium III, Intel Pentium 4, Intel Celeron, Intel Xeon, AMD K5, AMD K6, AMD Athlon, AMD Athlon MP, AMD Athlon XP , AMD Athlon 4, AMD Duron, AMD Sempron
64-bit Intel Itanium, Intel Itanium 2, Intel Xeon, Intel Core, Intel Core 2, AMD Athlon 64, AMD Athlon X2, AMD Athlon FX, AMD Turion 64, AMD Turion X2, AMD Sempron

0 Comments: